Soal HOTS ini tidak hanya membuat kamu mampu mengerjakan soal matematika saja akan tetapi membantu kamu untuk mengasah nalar, berpikir logis, kreatif dan juga pandai menganalisa. Kemampuan menganalisa inilah yang sangat penting untuk kamu di masa depan.

Soal HOTS ini tidak hanya membuat kamu mampu mengerjakan soal matematika saja akan tetapi membantu kamu untuk mengasah nalar, berpikir logis, kreatif dan juga pandai menganalisa. Kemampuan menganalisa inilah yang sangat penting untuk kamu di masa depan. Saat kamu sudah terjun di masyarakat, kamu akan lebih siap dan mudah untuk berpikir kritis sehingga mampu menyelesaikan masalah yang sedang kamu hadapi. Kali ini kita akan membahas soal Dimensi Tiga.

  1. Suatu aula berbentuk balok dengan perbandingan panjang : lebar adalah 1:1. Sedangkan perbandingan lebar dan tinggi aula adalah 5:2. Di langit-langit aula terdapat lampu yang letaknya tepat pada pusat bidang langit-langit. Pada salah dinding aula dipasang saklar yang letaknya tepat di tengah-tengah dinding. Jika Panjang aula adalah 10 m, jarak saklar ke lampu adalah ….
    A. 77 m
    B. 72\dfrac72 m
    C. 7297\sqrt{29} m
    D. 29\sqrt{29} m
    E. 1229\dfrac12\sqrt{29} m

  2. Ketika jam pelajaran Dedi tidak mengikuti kegiatan belajar mengajar dikelas. Ia malah duduk-duduk nongkrong di depan kelas ijin keluar alasannya ke kamar mandi. Guru mengetahui perbuatan tersebut dan memberikan teguran bahwa perbuatan tersebut menunjukkan karakter yang kurang baik. Selain ditegur, Dedi juga diberi sanksi untuk menghitung jarak antara titik ke garis diagonal bidang kamar mandi tersebut dan Dedi bisa menghitung dengan tepat. Kamar mandi tersebut berbentuk kubus dan dimisalkan kubus ABCD.EFGH dengan panjang kamar mandi 3 m. Jika dedi menghitung jarak antara titik E ke garis DG, berapakah jawaban Dedi?
    A. 33 m
    B. 322\frac32 \sqrt{2} m
    C. 342\frac34 \sqrt{2} m
    D. 326\frac32 \sqrt{6} m
    E. 346\frac34 \sqrt{6} m

  3. Pembelajaran matematika materi dimensi tiga dilakukan dengan diskusi kelompok. Asep sibuk sendiri bermain gadget dan tidak mengikuti diskusi bersama temannya. Setiap kelompok mendiskusikan bagaimana menghitung jarak titik puncak pada bidang empat beraturan ke bidang alas dengan Panjang rusuk 9 m. Ketika presentasi didepan kelas Asep diminta maju mempresentasikan kerja kelompoknya. Asep mempresentasikan bahwa jarak titik puncak pada bidang empat beraturan ke bidang alas adalah merupakan salah satu panjang rusuk bidang empat beraturan. Pernyataan yang tepat tentang hasil presentasi Asep adalah…
    A. Jawaban yang dipresentasikan Asep benar yaitu jarak titik puncak ke bidang alas 8 m
    B. Jawaban yang dipresentasikan Asep benar yaitu jarak titik puncak ke bidang alas 9 m
    C. Jawaban yang dipresentasikan Asep salah, seharusnya jaraknya 3√5 m
    D. Jawaban yang dipresentasikan Asep salah, seharusnya jaraknya 3√6 m
    E. Jawaban yang dipresentasikan Asep salah, seharusnya jaraknya 9√6 m

  4. Pada kubus ABCD.EFGH dengan Panjang rusuk 858\sqrt{5} cm titik P dan Q berturut-turut di tengah garis AB dan GH. Jarak antara garis DP dan garis FQ adalah … A. 2020 cm
    B. 20520\sqrt{5} cm
    C. 201020\sqrt{10} cm
    D. 4040 cm
    E. 40540\sqrt{5} cm

  5. Diketahui panjang sebuah rusuk kubus ABCD.EFGH adalah 2022 cm. Titik P, titik Q, titik R, dan titik S berturut-turut merupakan titik tengah dari rusuk AB, BC, EH, dan HG. Hitunglah Jarak bidang FPQ ke bidang DRS.
    A. 10111011 cm
    B. 101121011\sqrt{2} cm
    C. 20222022 cm
    D. 202222022\sqrt{2} cm
    E. 202232022\sqrt{3} cm

  6. Pada balok KLMN.PQRS perbandingan panjang:lebar:tinggi adalah 2:2:3. Jika Panjang balok 8 cm. Tentukan jarak titik K ke titik R.

  7. Diketahui kubus ABCD.EFGH mempunyai panjang rusuk 4a4a cm. Titik P pada BC sehingga BP:BC=1:4. Titik Q pada GH sehingga HQ:QG = 1:3, R titik tengah AE. Tentukan jarak R ke PQ.

  8. Kubus ABCD.EFGH mempunyai panjang rusuk 2a2a cm. Titik K pada perpanjangan DA sehingga KA=13KDKA = \frac13 KD. Tentukan Jarak titik K ke bidang BDHF.

  9. Diketahui limas beraturan T.ABCD. panjang rusuk tegak dan panjang rusuk alas 2022 cm. Tentukan jarak titik A ke garis TB.

  10. Sebuah limas T.ABCD dimana semua Panjang rusuknya sama yaitu 2a2a. Titik P, Q, R, dan S masing-masing terletak ditengah-tengah AB, CD, TD, dan TA. Tentukan jarak PQRS dan TBC.